Palangka Raya, nuansakalteng.my.id – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya beberapa hari yang lalu menggelar acara syukuran 3 tahun beroperasinya Layanan Kedaruratan Call Center 112 Palangka Raya.
Hera Nugrahayu Pj Wali Kota Palangka Raya, layanan darurat darurat 112 ini sebagai salah satu pilar utama dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya.
“Layanan 112 adalah bukti nyata komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan responsif dalam situasi darurat kepada masyarakat, kami akan terus mendukung dan mengarahkan agar layanan ini semakin efektif dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara optimal,” kata Hera Nugrahayu Selasa (20 /08/2024).
Pj Walikota mengatakan, layanan ini resmi digunakan untuk menangani berbagai situasi darurat yang memerlukan tindakan cepat dan tepat sejak 18 Agustus 2021.
“Sejak diresmikan, Layanan Call Center 112 telah menjadi layanan penting bagi warga Kota Palangka Raya dalam menghadapi berbagai kondisi darurat seperti kebakaran, kecelakaan lalu lintas, penanganan hewan pembohong, penanganan pohon tumbang, bencana alam, permintaan ambulans, dan kedaruratan lainnya,” kata Hera.
Selama tiga tahun perjalanannya, layanan ini terus berinovasi dan berkolaborasi dengan seluruh Perangkat Daerah (PD), mulai dari RT, RW, kelurahan, kecamatan, hingga dinas terkait di lingkup Pemko Palangka Raya.
Ia juga menambahkan bahwa berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan 112, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.
“Kedepannya, kami berharap layanan 112 ini dapat lebih dikenal dan diandalkan oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Palangka Raya. Kami akan terus berupaya agar masyarakat merasa aman dan terlindungi dalam setiap keadaan darurat,” lanjutnya.
Sementara itu dari Gloriana Aden Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pengoperasian layanan 112.
“Layanan darurat 112 adalah wujud nyata komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam berbagai situasi darurat. Kami bertekad untuk terus meningkatkan kapasitas dan tanggung jawab layanan ini demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,” kata Gloriana.
Perayaan ini juga menjadi ajang refleksi bagi seluruh jajaran Pemko Palangka Raya untuk melihat sejauh mana kontribusi layanan 112 dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.
“Momentum HUT ke-3 ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat Kota Palangka Raya dapat selalu merasa aman dan terlindungi,” pungkas Gloriana. (Red/MC. Kota Palangka Raya).
0 Komentar